Jumat, 11 Mei 2018

Tugas_04 : Proposal Proyek (ARShopPreviewer)

PROPOSAL AR SHOP PREVIEWER




MPPL D





Faturrahman Ma'ruf 5115100027
Reinardus Wandya K 5115100091
Aditya Pratama 5115100101


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang


   Kemajuan teknologi pada masa kini menimbulkan dampak berupa kemudahan pada aktivitas sehari-hari. Salah satu bentuknya adalah Online Shop, dimana orang yang ingin berbelanja, tidak perlu pergi ke luar rumah untuk melihat barang yang akan dibeli. Cukup membuka website ataupun aplikasi, barang yang ingin dibeli sudah bisa dilihat dan dipilih dari daftar yang sudah tersedia. Pembayarannya cukup dilakukan melalui transfer dengan rekening bank.
     Meskipun mudah dilakukan, pembelian barang via online ini juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya yaitu pembeli tidak bisa menentukan real size dari barang yang ingin dibeli. Tak jarang, barang yang sudah terbeli memiliki ukuran yang tidak sesuai hingga akhirnya tidak terpakai.
   Berdasarkan studi dari Unbxd pada tahun 2016, “Mobile shoppers overtake desktop visitors to reach 61% of the total eCommerce traffic. But conversions are still 63% lower for mobile when compared to desktop”. Augmented reality adalah inovasi terbaru yang dapat mengisi kesenjangan tersebut, dan sudah memberikan manfaat nyata bagi para retailer dan pembeli. Inovasi di bidang eCommerce sangat cepat berkembang dan teknologi AR dapat digunakan sebagai alat pembeda untuk kompetisi di bidang retail dengan memberikan banyak manfaat diantara nya yaitu untuk menarik minat para konsumen, meningkatkan nilai konversi, mengurangi nilai pengembalian barang dan meningkatkan citra perusahaan dengan memberikan kehadiran fisik produk pada saat berbelanja online.
    Untuk menghadapi problem tersebut, penulis memberikan solusi berupa aplikasi yang membantu para penjual dan konsumen dalam pemanfaatan  teknologi Augmented Reality untuk memberikan preview dari fisik produk pada saat berbelanja online.

1.2 Tujuan


    Tujuan pembuatan aplikasi Augmented Reality Shop Previewer di Microsoft Indonesia ini adalah :
  • Membuat aplikasi dengan pemanfaatan teknologi augmented reality dan Microsoft azure untuk membantu para penjual dan konsumen dalam berbelanja online.
  • Mengikuti kompetisi Imagine Cup 2018 yang diadakan oleh pihak Microsoft.

1.3 Manfaat


    Manfaat yang diperoleh dari kerja praktik dalam pembuatan aplikasi Reminder ini adalah:
  • Mampu menciptakan inovasi terbaru di bidang retail dengan pemanfaatan teknologi augmented reality dan Microsoft Azure,
  • Melatih berpikir secara tepat untuk menyelesaikan suatu masalah,
  • Berpikir inovatif dan solutif terhadap suatu masalah di kehidupan sehari-hari.

1.4 Rumusan Masalah


   Berikut ini rumusan masalah pada kerja praktik pembuatan aplikasi Augmented Reality Shop Previewer:
  • Bagaimana cara membuat aplikasi Augmented Reality Shop Previwer yang berbasis mobile app?
  • Bagaimana cara membuat model 3D untuk produk yang akan di preview dalam aplikasi?
  • Bagaimana cara menampilkan model 3D yang telah dibuat agar bisa merepresentasikan bentuk fisik produk yang sesuai dengan real size nya?

BAB II
DESKRIPSI PERANGKAT LUNAK


2.1 Nama Perangkat Lunak


    "Augmented Shop Previewer"

2.2 Metodologi


1. Perumusan Masalah
    Untuk mengetahui domain dan fungsionalitas, dijelaskan secara rinci bagaimana sistem yang harus dibuat. Penjelasan oleh pembimbing kerja praktik kali ini menghasilkan beberapa catatan mengenai gambaran secara garis besar tentang kebutuhan pengguna secara umum dan khusus. Setelah mendapatkan gambaran sistem, diskusi lebih lanjut dilakukan guna menentukan rancangan aplikasi serta tools pendukung pembuatan aplikasi.

2. Studi Literatur
   Setelah ditentukan database, bahasa pemrograman, dan tools tambahan yang akan digunakan, dilakukan studi literatur mengenai cara implementasinya dalam membangun sistem sesuai yang dibutuhkan.
    Bahasa pemrograman yang dipilih adalah C# untuk mobile app development, karena tools yang digunakan, Unity, menggunakan C# sebagai default language dalam membangun aplikasi. Disamping itu, tools lain yang juga digunakan adalah Microsoft Visual Studio dan Vuforia. 

3. Analisis dan Perancangan Sistem
    Tahap ini meliputi penjelasan tentang sistem, yakni bagaimana cara kerja sistem dengan scenario tertentu.
Analisis didukung pengamatan atas kebutuhan yang harus dipenuhi oleh aplikasi Sistem Magang ini. Kebutuhan meliputi kebutuhan fungsional dan non-fungsional secara garis besar.

4. Implementasi Sistem
  Tahapan implementasi aplikasi didasarkan oleh perancangan dan analisis sebelumnya. Hasil rancangan di implementasikan menggunakan tools yang telan ditentukan. Pengerjaan dilakukan beberapa progress kepada pembimbing lapangan. Hasil dari progress yang dilakukan merupakan revisi yang akan dilakukan untuk memperbaiki aplikasi.

5. Pengujian dan Evaluasi
  Pada tahap ini dilakukan dilakukan pengujian dan evaluasi terhadap aplikasi yang dibuat. Kesesuaian aplikasi dengan kebutuhan akan menentukan keberhasilan dari pengujian.

6. Kesimpulan dan Saran
   Setelah melakukan pengujian, penulis membuat beberapa kesimpulan dan saran untuk aplikasi, antara lain :
  • Aplikasi yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan.
  • Tampilan aplikasi yang user friendly dan mudah untuk digunakan.

2.3 Teknologi yang Digunakan


Tools yang digunakan :
  • C# (Bahasa Pemrograman)
  • Microsoft Visual Studio
  • Unity 3D
  • Vuforia
  • Unity Asset Bundle
  • MySQL (Database)
  • 3DSOM Pro (Untuk 3D Modeling)
Lingkungan pengujian :
    Lingkungan pengujian sistem pada pengerjaan kerja praktik ini dilakukan pada lingkungan dan alat kakas sebagai berikut :
Device  : Samsung Galaxy A3 (2016)
CPU     : Quad-Core 1.5 GHz Cortex-A53
RAM     : 1.5GB
OS      : Android 7.0 (Nougat)

2.4 Susunan Kelompok

  • 1 Orang Project Manager.
  • 2 Orang System Analyst.
  • 3 Orang Programmer.
  • 2 Orang Database Administrator.
  • 2 Orang Quality Assurance.

2.5 Rincian Biaya


1. Kebutuhan Perangkat Lunak
  • Windows10                      Rp.2.000.000,-
  • Unity3D                           Free
  • Vuforia                             Free
  • 3DSOM Pro                     Rp. 1.500.000,-
  • Microsoft Visual Studio   Free
    • Total                       Rp.3.500.000,-
2. Kebutuhan Peangkat Keras
  • Server                               Rp.50.000.000,-
    • Total                       Rp.50.000.000,-
3. Kebutuhan Kepegawaian
  • Project Manager               Rp.27.000.000,-   x   1
  • System Analyst                Rp.21.000.000,-   x   2
  • Programmer                     Rp.13.500.000,-   x   3
  • Database Administrator   Rp.15.000.000,-   x   2
  • Quality Assurance           Rp.7.000.000,-     x   2
    • Total                       Rp.153.500.000,-

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

   Setelah melakukan kerja praktik di Microsoft Indonesia saya dapat menarik kesimpulan dalam perancangan aplikasi mobile Augmented Reality Shop Previewer yaitu:
  • Augmented Reality pada bidang retail semoga semakin berkembang untuk kedepannya. Aplikasi ini setidaknya mampu membantu mempermudah para penjual/retailer dan pembeli/konsumen dalam pembelian suatu produk yang sulit untuk dibayangkan ukuran produk sebenarnya yang dijual pada toko online.
  • Penggunaan Augmented Reality juga memberikan pengalaman yang berkesan bagi pembeli, memberikan pengetahuan baru, serta juga meningkatkan rasa kepuasan pembeli dalam berbelanja online, karena produk yang dibeli sesuai dengan harapan.

Saran

    Demi mengembangkan aplikasi Augmented Reality Shop Previewer, adapun beberapa saran yang dapat saya temukan yaitu :
  • Perlu perancangan kebutuhan yang sesuai sejak awal baik fungsional ataupun non-fungsional, sehingga pembangunan sistem dapat dilakukan sesuai keinginan dan dengan semaksimal mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar